Selasa, 04 September 2012

ekranisasi twilight


Twilight versi novel.

Tekstual           : Twilight

1.         Bella Swan baru saja pindah dari Phoenix, Arizona yang mayoritas bercuaca panas ke Forks,         Washington yang mayoritas cuacanya hujan untuk tinggal bersama ayahnya, Charlie, setelah     ibunya, Renée, menikah dan tinggal bersama suami barunya, Phil, seorang pemain bisbol.
2.         Setelah pindah ke Forks, Bella akhirnya tertarik pada seorang pemuda misterius yang        tampan, yang merupakan teman sekelasnya di pelajaran Biologi, Edward Cullen, yang     ternyata merupakan seorang vampir vegetarian (vampir yang meminum darah hewan, bukan        manusia).
3.         Edward mempunyai kemampuan seperti halnya vampir yang lain (kuat, cepat, apabila        terkena matahari langsung maka tubuhnya berkilauan dan pada saat tertentu matanya dapat berubah warna) selain itu Edward juga mempunyai sebuah bakat untuk dapat membaca        pikiran orang lain. Tapi dia tak mampu membaca pikiran Bella.
4.         Pada awalnya, Edward berusaha menjauhi Bella karena Edward selalu merasa tergoda jika            menghirup aroma darah Bella. Akan tetapi lama kelamaan akhirnya Edward dapat mengatasi masalah tersebut dan kemudian mereka pun jatuh cinta satu sama lain, yang membuat           sekolah membicarakan mereka.
5.         Suatu ketika, Bella diajak untuk melihat keluarga Cullen bermain bisbol. Tanpa disangka, tiba-tiba datanglah sekelompok vampir nomaden yang terdiri dari James (vampir dengan          bakat melacak), Victoria (vampir dengan insting melarikan diri yang luar biasa hebat dan         merupakan pasangan dari James), serta Lauren.
6.         Begitu bertemu dengan Bella, James sudah mulai mengincar darah Bella. Semua anggota keluarga Cullen bersatu untuk menyelamatkan Bella. Bella melarikan diri ke Phoenix,          Arizona bersama Alice (vampir dengan bakat melihat masa depan) dan Jasper (vampir           dengan bakat mengendalikan perasaan di sekitarnya dan merupakan pasangan dari Alice).
7.                   Saat kabur ke Phoenix, Bella dijebak oleh James. Untungnya Edward dan keluarganya segera menyadari hilangnya Bella dan segera bergegas untuk pergi menyelamatkan Bella. Edward tiba tepat pada waktunya dan berhasil menyelamatkan Bella, setelah itu mereka segera kembali ke Forks dan mengikuti acara prom yang diselenggrakan oleh sekolah mereka.



Sekuen           
è    Teks     : Twilight
è    1,2,3,4,5,6,7

Kronologis
è    Urutan peristiwa disingkat P.
è    Berdasarkan sekuen, maka P1 diikuti P2, diikuti P3, diikuti P4, diikuti P5, diikuti P6, diikuti        P7.

Logis
è    Urutan logis dipaparkan berdasarkan hubungan sebab-akibat.
è    Analisis ini menekankan logika cerita, sebab logika merupakan dasar struktur.
è    Urutan alur cerita dari Twilight ini mempunyai hubungan sebab-akibat.
è    Pada sekuen 1 dikatakan bahwa “Bella Swan baru saja pindah dari Phoenix, Arizona yang            mayoritas bercuaca panas ke Forks,        Washington yang mayoritas cuacanya hujan untuk    tinggal bersama ayahnya, Charlie, setelah ibunya, Renée, menikah dan tinggal bersama             suami   barunya, Phil, seorang pemain bisbol”.

Fungsi:
è    Cerita ini ditulis untuk menceritakan, bahwa seorang vampir pun ada sisi kebaikannya, dan juga mau berhubungan dengan manusia.
Tema:
è    Tentang cinta terlarang.
Amanat:
è    Jangan menilai orang itu dari luarnya saja, tapi lihatlah dari hatinya.
è    Segera tolonglah orang yang sedang mengalami musibah.
è    Berjaga – jagalah dalam setiap segala hal.
Latar tempat:
è    Desa Forks.
è    Lapangan baseball.
è    Rumah keluarga Cullen.
Tokoh:
è    Bella                : Seorang wanita pemberani.
è    Edward           : Seorang vampir, tapi hatinya baik.
è    Alice                : Vampir yang baik, meskipun kadang dia agak tidak tahan dengan “tubuh”                                     Bella.
è    Jasper              : Vampir yang setia pada pasangannya.
è    James               : Vampir yang jahat.


Cerita Twilight versi novel.

            Bella Swan baru saja pindah dari Phoenix, Arizona yang mayoritas bercuaca panas ke Forks, Washington yang mayoritas cuacanya hujan untuk tinggal bersama ayahnya, Charlie, setelah ibunya, Renée, menikah dan tinggal bersama suami barunya, Phil, seorang pemain bisbol. Setelah pindah ke Forks, Bella akhirnya tertarik pada seorang pemuda misterius yang tampan, yang merupakan teman sekelasnya di pelajaran Biologi, Edward Cullen, yang ternyata merupakan seorang vampir vegetarian (vampir yang meminum darah hewan, bukan manusia).
            Edward mempunyai kemampuan seperti halnya vampir yang lain (kuat, cepat, apabila terkena matahari langsung maka tubuhnya berkilauan dan pada saat tertentu matanya dapat berubah warna)selain itu Edward juga mempunyai sebuah bakat untuk dapat membaca pikiran orang lain.tapi dia tak mampu membaca pikiran bella. Pada awalnya, Edward berusaha menjauhi Bella karena Edward selalu merasa tergoda jika menghirup aroma darah Bella. Akan tetapi lama kelamaan akhirnya Edward dapat mengatasi masalah tersebut dan kemudian mereka pun jatuh cinta satu sama lain, yang membuat sekolah membicarakan mereka.
            Suatu ketika, Bella diajak untuk melihat keluarga Cullen bermain bisbol. Tanpa disangka, tiba-tiba datanglah sekelompok vampir nomaden yang terdiri dari James (vampir dengan bakat melacak), Victoria (vampir dengan insting melarikan diri yang luar biasa hebat dan merupakan pasangan dari James), serta Lauren. Begitu bertemu dengan Bella, James sudah mulai mengincar darah Bella. Semua anggota keluarga Cullen bersatu untuk menyelamatkan Bella.
            Bella melarikan diri ke Phoenix, Arizona bersama Alice (vampir dengan bakat melihat masa depan) dan Jasper (vampir dengan bakat mengendalikan perasaan di sekitarnya dan merupakan pasangan dari Alice). Saat kabur ke Phoenix, Bella dijebak oleh James. Untungnya Edward dan keluarganya segera menyadari hilangnya Bella dan segera bergegas untuk pergi menyelamatkan Bella. Edward tiba tepat pada waktunya dan berhasil menyelamatkan Bella, setelah itu mereka segera kembali ke Forks dan mengikuti acara prom yang diselenggrakan oleh sekolah mereka.




Twilight versi film.

Tekstual           : Twilight


1.         Pada suatu pagi, Bella meninggalkan desanya, Phoenix, karena Ibunya menikah lagi dengan          pria lain, sehingga Bella harus pergi dan pindah ke rumah ayahnya yang bernama Charlie,     yang berada di kota Forks.
2.         Setelah Bella pindah ke kota Fork, Bella bertemu dengan teman lamanya, yang bernama    Jacob. Setelah berkenalan, Bella pergi ke sekolah barunya Forks High School.
2.1  Dalam sekolah barunya, Bella bertemu dengan Erik, mata dan telinga di sekolah Bella. Pada saat olahraga volli, Bella tak sengaja mengarahkan bola ke Mike Newton dan Jessica.
2.2  Setelah Bella dan teman – teman makan di kantin sekolah, muncullah keluarga Cullens. Yang terdiri dari Rosalie, Emmett, Alice, Jasper, dan Edward.
2.3  Pada saat pelajaran, Bella duduk bersebelahan dengan Edward, namun sifat yang ditunjukkan Edward kepada Bella sangat aneh, sehingga membuat Bella menjadi penasaran akan sosok Edward.
2.4  Edward meminta untuk pindah kelas, namun tidak bisa, jadi Edward masih tetap satu kelas sama Bella di kelas biologi.
3.         Selang beberapa hari, Edward tidak muncul. Dan pada suatu tempat, ada kasus pembunuhan        yang korbannya tersebut meninggalnya aneh, seperti diserang sekawanan binatang.
3.1  Setelah keesokkan harinya, Bella akhirnya bertemu dengan Edward. Perkenalanpun terjadi.
3.2  Pada saat pulang, Bella berada di parkiran, dan Edward berada jauh dari Bella. Setelah itu, ada sebuah mobil yang melaju dan hampir menabrak Bella, namun dengan sekejap Edward datang dan menahan mobil tersebut dengan satu tangan, dan itu membuat Bella sangat kaget dan terkejut.
3.3  Setelah kejadian tersebut, Bella dibawa ke rumah sakit bersama ayahnya, dan diperiksa oleh Dr Cullen.
3.4  Pada saat keluar dari ruang pemeriksaan, Bella bertemu dengan Edward. Bella pun menanyakan hal kenapa Edward bisa datang dengan cepat dan dapat menahan mobil itu.
4.         Pada suatu hari, Bella dan teman – temannya pergi ke pantal La Push. Disana Bella bertemu         dengan Jacob dan kedua temannya.
4.1  Pada saat itu, mereka membahas tentang tidak hadirnya keluarga Cullen ditempat itu.
4.2  Jacob menceritakan kisah bangsa Quileutes merupakan keturunan serigala. Dan bangsa Quileutes merupakan musuh dari suku Jacob.
5.         Setelah Jacob menceritakan tentang bangsa Quileutes, Bella mencari sebuah buku di          kawasan Port Angeles.
5.1  Pada saat pulang dari toko, Bella diganggu oleh beberapa preman, namun disaat bersamaan, Edward datang dan menolong Bella dari preman tersebut.
5.2  Setelah itu, Bella dan Edward makan di sebuah restoran, namun Edward tidak mau makan dan membuat aneh Bella.
5.3  Edward tidak bisa jauh dari Bella.
5.4  Pada saat dimobil, tangan Bella tidak sengaja menyentuh tangan Edward yang sangat dingin. Dan itu membuat Bella ketakutan.
5.5  Diperjalanan Bella melihat mobil ayahnya yang sedanng berhenti disebuah rumah.
5.6  Dr Cullen juga berada disana dan menceritakan bahwa Waylon Forge ditemukan tewas di perahu di depan kediamannya dengan luka yang sama pada saat pembunuhan yang menimpa pekerja pabrik itu, seperti diserang binatang.
6.         Sesampainya dirumah, Bella mencoba mencari tahu tentang apa yang sebenarnya di alami             oleh Edward.
6.1  Setelah mencari di internet, ternyata Bella menemukan suatu petunjuk bahwa sikap dan perilaku yang Edward lakukan, ternyata menggambarkan bahwa semuanya itu merupakan ciri dari vampire.
6.2  Bella pun akhirnya mendapatkan jawaban dari Edward tentang siapakah Edward sebenarnya.
6.3  Edward menanyakan, apakah Bella takut padanya, tetapi Bella merasa tidak takut, dan Bella takut bila dia kehilangan Edward.
6.4  Kemudian Edward menceritakan kenapa dia bisa menjadi vampire.
6.5  Carlisle yang menyebabkan keluarga Cullen menjadi vampire, namun vampire dari keluarga Cullen ini tidak menghisap darah manusia seperti vampire lain, tetapi menghisap darah binatang.
7.         Suatu hari, Bella diajak oleh Edward untuk pergi kerumahnya. Keluarga Cullen pun          menyambut Bella dengan baik, kecuali Rosalie.
7.1 Setelah bertemu dengan keluarganya Edward, lantas Bella pun diajak pergi ke kamar Edward.
7.2Didalam kamar Edward, tidak ditemukannya oleh Bella sebuah kasur untuk tidur. Ternyata sebagai seorang vampire, Edward tidak pernah tidur.

8.         Pada saat ayah Bella dan teman – temannya dari kepolisian mengejar jejak yang di pikirnya           binatang yang membunuh Waylon, ternyata malah jejak kaki manusia biasa.
8.1  Ketika Bella sedang berada di restoran, ia bertemu dengan Newton. Newton mengatakan bahwa dia tidak suka dengan kedekatan Bella dengan Edward, yang seorang vampire.
8.2  Pada saat Bella sedang makan bersama ayahnya, seorang pelayan memberitahu bahwa ada kakek – kakek yang ingin tahu tentang perkembangan di sungai Queets.
8.3  Ayah Bella menjelaskan bahwa para polisi hanya menemukan jejak manusia yang sedang menuju kearah timur.
9.         Hari berikutnya, rencana Edward ingin mengajak Bella keluar. Edward pun datang kerumah         Bella, dan bertemu ayah Bella, Charlie.
9.1 Edward memperkenalkan diri secara resmi terhadap Charlie, dan berencana mengajak Bella bermain baseball bersama keluarga Cullen.
9.2 Charlie pun memberikan izin kepada Edward untuk mengajak keluar Bella, namun Charlie memperingatkan Bella untuk selalu membawa semprotan lada untuk berjaga – jaga.
9.3 Setelah sampai diluar, Edward pun memberikan aksesoris baseball kepada Bella.

10.       Pada saat Bella dan keluarga Cullen bermain baseball, muncullah 3 orang vampire yang     sudah membunuh kedua orang, yang menjadi bahan pembicaraan di kota Forks.
10.1          Ketiga vampire itu adalah Laurent, Victoria, dan James.
10.2          Ketiga vampire itu menantang keluarga Cullen bermain baseball, dan keluarga Cullen pun menerima tantangan dari ketiga vampire itu.
10.3          Ketika akan diadakan permainan baseball, ada hembusan angin menerpa Bella, sehingga menimbulkan bau manusia, dan dirasakan oleh James.
10.4          Mengetahui hal itu, kelompok Laurent mencoba ingin membunuh Bella, namun keluarga Cullen melindungi Bella dari gangguan Laurent, Victoria dan James.
10.5          Setelah keluarga Cullen melindungi Bella, Laurent dan teman – temannya pun meninggalkan keluarga Cullen dan Bella.
10.6          Setelah Edward membawa pergi Bella, Edward sebenarnya ingin membawa Bella pergi dari kota Forks agar James tidak menganggu Bella, tetapi Bella tidak ingin pergi dari Forks, dan ia ingin dibawa pulang kerumah menemui ayahnya.
10.7          Bella mau pergi meninggalkan ayahnya, tetapi ayahnya berusaha untuk menahan Bella agar tidak meninggalkannya. Tetapi Bella harus pergi dari rumah itu, karena ia ingin menghindari dari kawanan vampire yang membunuh manusia.
11.       Setelah Edward berhasil membawa keluar Bella, maka Edward pun membawa pulang Bella          kerumah Edward.
11.1          Sesampai dirumah Edward, Edward pun terkejut melihat Laurent sudah berada dirumahnya bersama Carlisle.
11.2          Namun Laurent memberikan peringatan kepada Edward, bahwa James dan Victoria sangatlah berbahaya. Jadi Edward dalam membawa Bella harus berhati – hati.
11.3          Setelah mendengarkan peringatan dari Laurent, keluarga Cullen pun bergegas mempersiapkan diri untuk pergi dari rumah itu.
12.       Akhirnya keluarga Cullen pun memisahkan diri mereka, berpencar ke segala arah, agar       James dan Victoria pun binggung mengikuti mereka.
12.1          Namun James mengetahui rencana yang dibuat oleh keluarga Cullen, sehingga ia berbalik arah untuk mengejar Bella yang sedang bersama Jasper dan Alice.
12.2          Alice pun mengetahui bahwa James sudah mengetahui rencana itu dan berbalik mengejar Bella.
12.3          Alice pun mencoba menggambarkan masa depan yang dipikirkan olehnya. Ternyata Alice pun menggambarkan tentang ruangan yang penuh dengan cermin, ke sebuah studio balet yang terletak di kota Phoenix.
12.4           Setelah Bella, Jasper dan Alice mencoba pergi dari hotel yang sementara di tinggali, tiba – tiba handphone miliknya Bella pun berbunyi, di telepon dari rumahnya. Pertama yang berbicara ibunya Bella, tetapi berubah menjadi James yang berbicara dengan Bella, dan meminta Bella untuk menemuinya sendiri di studio balet waktu Bella berlatih balet dulu.
12.5          James pun juga mengancam Bella, bila Bella datang ke studio itu dengan ditemani siapapun, ibunya Bella pun tak segan – segan akan dibunuh oleh James.
13.       Demi nyawa ibunya, akhirnya Bella pun datang ke studio balet tanpa ditemani oleh           siapapun.
13.1          Sesampainya Bella di studio balet, Bella pun mendengar suara dari ibunya, yang ternyata hanyalah tipuan video rekaman pada saat Bella masih kecil yang dimainkan oleh James ke studio balet itu.
13.2          Kemudian, Bella di sakiti oleh James. Pada saat disakiti oleh James, Edward datang menolong Bella. Pertarungan pun tidak dapat dihindari.
13.3          Ditengah pertempuran, James pun berhasil menggigit tangan Bella, sehingga Bella pun terkena virus, bila tidak segera dihentikan, maka Bella pun berubah menjadi vampire.
13.4          Namun Edward berhasil menghisap racun yang ada, sehingga Bella pun kembali seperti semula.
13.5          Pada saat Edward menyembuhkan Bella, James berhasil dibunuh oleh Jasper dan Emmeth.
14.       Setelah kejadian itu, Bella pingsan dan dilarikan ke Rumah sakit, ditemani Edward dan    ibunya.
14.1          Edward memberitahukan bahwa dia sulit untuk menghindar dari rasa darah manusia. Untuk itu Edward menyuruh Bella untuk pindah ke Jacksonville. Namun Bella menolaknya.
14.2          Akhirnya Edward pun mengiyakan permintaan Bella, untuk jangan pergi darinya.
15.       Setelah sembuh, Edward pun mengajak Bella ke porm, pesta dansa.
15.1          Pada saat Bella duduk, tiba – tiba Jacob datang dan ingin mengatakan sesuatu kepada Bella.
15.2          Ternyata ayah Jacob ingin Bella putus dengan Edward.
15.3          Setelah Edward datang, Jacob pun pergi.
15.4          Setelah itu, masuklah mereka berdua keruang pesta.
15.5          Akhirnya, Edward dan Bella pun pergi kesuatu tempat. Disitu ruangannya hening. Dan mereka berdua berdansa, dan mereka berjanji untuk tidak meninggalkan satu sama lain.
Sekuen           
è    Teks     : Twilight
è    1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13,14 dan 15.
è    (2.1,2.2,2.3,2.4), (3.1,3.2,3.3,3.4), (4.1,4.2), (5.1,5.2,5.3,5.4,5.5,5.6), (6.1,6.2,6.3,6.4,6.5), dan (7.1,7.2), (8.1,8.2,8.3), (9.1,9.2), (10.1,10.2,10.3,10.4,10.5,10.6,10.7), (11.1,11.2,11.3),             (12.1,12.2,12.3,12.4,12.5),(13.1,13.2,13.3,13.4,13.5),(14.1,14.2), (15.1,15.2,15.3,15.4,15.5).

Kronologis
è    Urutan peristiwa disingkat P.
è    Berdasarkan sekuen, maka P1 diikuti P2 (2.1,2.2,2.3,2.4), diikuti P3 (3.1,3.2,3.3,3.4), diikuti 
            P4 (4.1,4.2), diikuti P5 (5.1,5.2,5.3,5.4,5.5,5.6), diikuti P6 (6.1,6.2,6.3,6.4,6.5), diikuti P7             (7.1,7.2,),diikuti P8 (8.1,8.2,8.3), diikuti P9 (9.1,9.2), diikuti P10    (10.1,10.2,10.3,10.4,10.5,10.6,10.7), diikuti P11 (11.1,11.2,11.3), diikuti P12         (12.1,12.2,12.3,12.4,12.5), diikuti P13 (13.1,13.2,13.3,13.4,13.5), diikuti P14 (14.1,14.2),           diikuti P15 (15.1,15.2,15.3,15.4,15.5).

Logis
è    Urutan logis dipaparkan berdasarkan hubungan sebab-akibat.
è    Analisis ini menekankan logika cerita, sebab logika merupakan dasar struktur.
è    Urutan alur cerita dari Twilight ini mempunyai hubungan sebab-akibat.
è    Pada sekuen 4 diceritakan bahwa “Pada suatu hari, Bella dan teman – temannya pergi ke pantal La Push. Disana Bella bertemu dengan Jacob dan kedua temannya. Pada saat itu,     mereka membahas tentang tidak hadirnya keluarga Cullen ditempat itu.Jacob menceritakan      kisah bangsa Quileutes merupakan keturunan serigala. Dan bangsa Quileutes merupakan musuh dari suku Jacob”. Dan pada sekuen 5 merupakan akibat dari sekuen 4, menceritakan   bahwa “Setelah Jacob menceritakan tentang bangsa Quileutes, Bella mencari sebuah buku di             kawasan Port Angeles”.

Fungsi
è    Cerita ini ditulis untuk menceritakan kehidupan seorang vampire, dimana vampire itu mempunyai rasa seperti manusia. Vampire bisa jatuh cinta, bisa sedih, bisa marah, dan bisa sakit hati.
Tema
è    Tentang cinta terlarang.
Amanat
è    Jangan menganggap, bahwa vampire itu sepenuhnya jahat.
è    Seorang itu tidak boleh merasa takut bila dia sendirian.
è    Sayangilah kedua orang tuamu, karena mereka tetap orang tuamu, meskipun mereka sudah            bercerai.
è    Jagalah dengan baik orang yang kita sayangi.
Latar tempat:
è    Desa Forks.
è    Lapangan baseball.
è    Rumah keluarga Cullen.
è    Sekolahan Bella.
è    Studio balet.
è    Tempat dansa.
è    Rumah Charlie.
Tokoh:
è    Bella                : Gadis remaja yang mempunyai sifat tidak mudah menyerah, keras kepala,                                       dan berani.
è    Edward           : Seorang vampire yang memiliki hati yang baik. Seorang vampir yang dapat                                     menahan keinginan untuk meminum darah manusia.
è    Charlie : Seorang ayah yang memiliki kasih sayang yang lebih kepada anaknya, tetapi                                  dia merasa selalu protek terhadap Bella, karena Charlie tidak ingin                                              kehilangan Bella, seperti yang di alaminya saat kehilangan ibunya Bella.
è    Carlisle            : Seorang vampire pertama yang menghidupkan seluruh keluarga Cullen                                           menjadi vampire. Dia juga yang mengajarkan bahwa dalam keluarga ini                                          semuannya harus dapat menahan akan bau manusia. Oleh karena itu,                                           keluarga Culle merupakan vampire vegetarian / meminum darah hewan.
è    Esme               : Istri dari Carlisle. Seorang ibu dari Edward, Rosalie, Alice, Emmeth, dan                            Jasper.
è    Rosalie            : Vampire perempuan yang mempunyai sifat sangat benci terhadap Bella.
è    Alice                : Vampire yang memiliki bakat dapat melihat masa depan.
è    Jasper              : Vampire dengan bakat mengendalikan perasaan di sekitarnya dan                                        merupakan pasangan dari Alice.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar